Yuk Kenali Fakta-Fakta Unik dari Kopi Robusta
Yuk Kenali Fakta-Fakta Unik dari Kopi Robusta

Yuk Kenali Fakta-Fakta Unik dari Kopi Robusta

Mungkin selama ini kopi yang kita tahu dan sering kita konsumsi adalah kopi Arabika. Tahukah kamu bahwa ternyata kopi itu beragam jenisnya? Ya, betul. Kopi itu tidak hanya arabika, ada kopi yang lain, salah satunya yaitu kopi robusta.

Meski robusta tidak mendominasi perdagangan kopi di dunia, kopi ini juga memiliki peranan penting dalam dunia kopi.

Kopi yang berasal dari kata Robust (kuat) ini cukup menarik dunia Internasional karena bisa ditanam di daerah tropis. Tak hanya itu, kopi ini juga memiliki cita rasa serta kekentalan yang luar biasa kuat, sesuai dengan namanya.

Fakta Menarik dari Kopi Robusta

Ya, kopi robusta yang bisa ditanam di daerah tropis dengan budidaya intensif ini ternyata memiliki beberapa fakta unik dan menarik. Penasaran kah? Berikut fakta menarik tentang robusta yang perlu kamu tahu:

Aroma Serta Cita Rasa yang Khas

Robusta dikenal memiliki aroma dan cita rasa yang kuat. Namun dibalik kekuatannya itu ternyata kopi ini juga memiliki aroma dan cita rasa yang unik.

Robusta memiliki aroma seperti kacang-kacangan pada saat sebelum disangrai, teksturnya kasar, rasanya lebih pahit disbanding kopi Arabika.

Robusta Mengandung Lebih Banyak Kafein

Dibandingkan dengan kopi Arabika, kandungan kafein pada kopi robusta ternyata lebih tinggi. Jika kandungan kafein pada kopi arabika hanya sebesar 1,2 %, sedangkan kafein pada biji Robusta sebesar 2,2 %.

Tak hanya itu, biji kopi yang memiliki aroma kuat ini mengandung banyak antioksidan yang dipercaya dapat membantu mengurangi stress.

Harga Kopi Robusta Lebih Ramah di Kantong

Robusta merupakan jenis kopi yang lebih mudah ditanam dibanding Arabika, bahkan kopi ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Berbeda dengan Arabika yang memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun untuk dapat dipanen (matang). Karena itulah harga yang ditawarkan pada Robusta lebih terjangkau dibanding kopi Arabika.

Kopi Robusta Lebih Mudah Ditanam

Seperti yang tadi saya katakana, Kopi Robusta lebih mudah ditanam. Secara umum, kopi ini dapat tumbuh subur pada ketinggian 700 sampai 1.200 mdpl.

Hanya butuh waktu sekitar 2,5 tahun saja, robusta sudah bisa berbuah. Kopi ini juga termasuk kopi yang mudah berkembang, cepat berproses, dan resisten terhadap penyakit daun. Karena itulah, tidak sulit untuk membudidayakan dan memproduksi kopi jenis ini.

Bentuk Kopi Robusta yang Berbeda dengan Arabika

Ya, kedua jenis kopi ini memang memiliki berbagai perbedaan, salah satunya yaitu perbedaan pada bentuknya.

Robusta memiliki bentuk biji yang lebih bulat dengan belahan yang cenderung lurus. Sedangkan kopi arabika memiliki bentuk yang lebih lonjong dengan belahan yang cenderung bergelombang di tengahnya.