Tekstur MPASI Pertama yang Tepat, Seperti Apa?
Tekstur MPASI Pertama yang Tepat, Seperti Apa?

Tekstur MPASI Pertama yang Tepat, Seperti Apa?

Setelah melewati usia 6 bulan pertama mereka dengan hanya mendapatkan ASI saja, si kecil akan bersiap untuk mendapatkan makanan tambahan atau MPASI. Nah, pemberian MPASI ini penting untuk menunjang perkembangan anak agar lebih maksimal. Hanya saja, Anda sebagai orang tua harus memperhatikan tekstur MPASI pertama yang diberikan.

Tentu, memperhatikan tekstur MPASI pertama adalah hal yang sangat penting. Perlu disadari bahwa bayi berusia 6 bulan belum memiliki kemampuan menelan dan mencerna yang sempurna. Dengan tekstur makanan yang tepat, ia akan cenderung lebih mudah mencerna dan kesehatan sistem pencernaan mereka akan cenderung lebih terjaga.

Seperti Apa Tekstur MPASI Pertama Bagi Bayi?

Sebagaimana disinggung di awal bahwa tekstur MPASI menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan demi kesehatan sistem pencernaan si kecil. Nanti, tekstur makanan tersebut juga akan berubah seiring dengan pertambahan usia mereka.

Nah, untuk bayi yang berusia 6 bulan, tekstur makanan yang sangat disarankan adalah makanan berbentuk bubur yang dihaluskan dan disaring. Kedua tekstur ini akan menghasilkan bubur dari bahan makanan tertentu yang tidak hanya halus, melainkan juga cukup kental dan mudah ditelan.

Beberapa kalangan menanyakan pentingnya memperhatikan tekstur MPASI pertama. Perlu dipahami bahwa selain untuk membiasakan anak menelan dan mencerna, pengaturan tekstur juga akan membantu mereka untuk belajar mengunyah.

Tips Memberikan MPASI Pertama

Selain melihat tekstur yang tepat untuk MPASI pertama, ada beberapa tips lain yang juga sangat penting. Dalam hal ini, tentu Anda harus memilih bahan makanan yang tepat untuk dijadikan menu MPASI.

Sayuran menjadi bahan makanan yang sangat disarankan. Beberapa sayuran seperti wortel, brokoli, ataupun kentang bisa menjadi bahan MPASI pertama yang andal. Pasalnya, selain mudah dihaluskan, aneka sayuran tersebut memiliki kandungan nutrisi lengkap yang sangat baik untuk bayi.

Selain itu, Anda sebaiknya menggunakan satu bahan makanan terlebih dahulu untuk MPASI pertama. Hal ini penting agar nantinya anak belajar mengenal rasa dengan lebih baik. Misalnya, dalam beberapa waktu, Anda bisa membuat bubur MPASI dengan bahan brokoli. Setelah selang beberapa waktu, Anda bisa mengganti brokoli dengan jenis sayuran lainnya.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan terkait pemberian MPASI adalah frekuensi dan porsi yang diberikan. Untuk MPASI pertama, porsi yang disarankan hanyalah 3 sendok makan hingga sekitar 250 ml bubur. Selain itu, untuk frekuensi, rekomendasi pemberian adalah sebanyak 2 hingga 3 kali.

Memperhatikan porsi dan frekuensi tentu sangat penting. Pasalnya, pemberian MPASI pertama yang terlalu banyak cenderung kurang baik bagi sistem pencernaan bayi.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang tekstur MPASI pertama dan beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Dengan pemahaman yang luas, tentu Anda bisa lebih bijak untuk memberikan MPASI yang tepat.