Mitos dan Fakta Seputar Kutu Rambut
Mitos dan Fakta Seputar Kutu Rambut

Mitos dan Fakta Seputar Kutu Rambut

Apakah benar kutu kepala hanya menyerang pada rambut yang kotor? pemahaman seperti ini kurang tepat faktanya memang kutu rambut sering ditemukan pada rambut yang kotor dan tidak higienis. Namun tidak menutup kemungkinan seseorang terkena kutu bahkan ketika mereka rajin menjaga kebersihan rambut secara teratur.

Apakah benar kutu rambut itu menyebar dengan cara melompat atau terbang? ini tidak benar, faktanya : Kutu rambut hanya bisa merangkak. mereka tidak bisa melompat atau terbang. Infestasi kutu kepala terjadi ketika seseorang yang memiliki kutu datang dalam kontak langsung ‘head to head’ dengan individu lain atau dengan menggunakan barang-barang seperti syal, topi, aksesoris rambut, dll milik orang yang terinfeksi. Melalui kontak ini, kutu umumnya merangkak dengan kaki seperti kait yang dengannya mereka mencengkeram batang rambut dengan erat.

Apakah benar kutu rambut itu hidup di bantal dan kasur? ini tidak benar faktanya kutu rambut hanya bisa hidup di kulit kepala manusia. Mereka tidak ‘tinggal’ di atas bantal dan kasur. Seseorang dapat tertular kutu dengan berbagi sarung bantal atau kasur dengan orang yang terinfeksi, tetapi itu tidak berarti bahwa kutu rambut bisa tinggal di sana dalam waktu yang lama. Tanpa inang, kutu rambut dewasa hanya dapat hidup hingga satu hari karena mereka perlu memberi makan setiap 6 hingga 7 jam.

Benarkah orang yang berambut keriting tidak terkena kutu? itu adalah mitos belaka, fakta infestasi kutu kepala dapat terjadi pada semua orang tanpa memandang jenis kelamin, usia, warna rambut, dan bahkan etnis

Bagaimanakah cara kutu kepala menyebar? Kutu kepala dapat menyebar dengan cara berikut ini:

  • Kontak langsung dan dekat dengan orang yang memiliki infestasi.
  • Berbagi topi, sisir, dan sikat rambut dapat menyebabkan penyebaran kutu rambut. Itu juga dapat berpindah dari satu kepala ke kepala lainnya dengan handuk, bantal, atau sandaran kepala kursi/kursi. Hal ini dimungkinkan karena kutu dewasa dapat tetap hidup setidaknya satu hari jauhnya dari kulit kepala manusia.
  • Meminjam pita, selendang, atau penutup kepala lainnya.
  • Karena kutu rambut lebih menyukai lingkungan yang tidak terganggu, mereka lebih sering terlihat pada orang dengan rambut panjang dan/atau yang tidak mencuci/menyikat rambut secara teratur.

Untuk mengatasi masalah ini anda perlu mempelajari cara menghilangkan kutu rambut dengan baik dan benar, sehingga secara efektif kutu rambut bisa dibasmi sampa ke telur kutunya sekaligus. Ini memerlukan perawatan yang intensif, bisa dengan mengunakan shampo kutu atau dengan mengunakan bahan herbal alami yang bisa ditemukan di rumah.