Fungsi Amal yang Soleh
Fungsi Amal yang Soleh

Fungsi Amal yang Soleh

Zakat PenghasilanMelalui amal ini kita akan berusaha untuk meringankan, sejauh mungkin, penderitaan, ketidakadilan, marginalisasi? dan segala sesuatu yang telah disangkal kepada orang lain. Tunjukkan padanya dukungan, materi dan moral kita, biarkan dia tahu bahwa dia dapat mengandalkan kita, membuatnya mendapatkan kembali kepercayaan pada orang lain dan pada dirinya sendiri? dan semua ini secara alami, tanpa pretensi besar, dengan keyakinan bahwa kita melakukannya karena kita berutang kepada mereka, bahwa kita hanya memulihkan apa yang seharusnya tidak pernah kurang, bahwa barang yang kita nikmati juga milik mereka, jadi tawarkan kepada mereka , lebih dari sebuah karya amal, itu adalah karya keadilan, keadilan yang seharusnya tidak pernah kurang.

Banyak yang akan bertanya-tanya apa yang harus kita lakukan dengan semua orang yang tidak ingin memanfaatkan peluang yang telah ditawarkan kepada mereka, apa yang akan terjadi pada semua orang yang, memiliki segalanya, menyia-nyiakannya tanpa ragu-ragu, apa yang terjadi pada mereka yang telah mengambil keuntungan dari orang lain untuk memperkaya diri mereka sendiri … dan dengan begitu banyak penjahat, beberapa mungkin dipaksa, tetapi banyak dengan tujuan semata-mata menghasilkan keuntungan tanpa memikirkan orang lain. Lagi pula, bagaimana dengan begitu banyak orang tak berperasaan di dunia, apakah mereka juga layak menerima amal itu? Apa yang bisa diberikan kembali kepada orang-orang seperti ini?

Ya, saya pikir kita juga harus mengulurkan tangan untuk ini. Untuk keduanya dan mereka, sedekah adalah sesuatu yang dipersembahkan, yang diberikan, tanpa mengharapkan imbalan untuk itu, tidak ada syarat yang dikenakan pada orang yang menjadi objek sedekah kita.

Kita tidak bisa memaksa siapa pun untuk makan apa yang kita berikan kepada mereka, memakai pakaian yang kita tawarkan kepada mereka atau tidur di bawah atap yang kita berikan kepada mereka. Jika Anda setuju, baiklah, jika tidak, biarkan dia melakukan apa yang dianggapnya pantas, tetapi ketahuilah bahwa kita akan selalu mengulurkan tangan untuknya.

Kebutuhan muncul jauh lebih cepat daripada solusi. Dalam banyak kesempatan, hampir selalu, kebutuhan didahulukan dan ketika telah menyebar ke sebagian besar masyarakat, saat itulah langkah-langkah mulai diambil untuk memperbaikinya. Pada saat itu, dari saat kebutuhan muncul, hingga sarana untuk memperbaikinya dilaksanakan, adalah saat amal perbuatan. Ini seperti keadilan yang diantisipasi, keadilan yang bertindak sampai pengadilan resmi mengambil alih masalah.

Hal yang buruk adalah bahwa ada terlalu banyak kesempatan di mana pengadilan resmi tidak pernah mengambil alih. Mungkin, karena mereka tahu bahwa amal akan melakukannya, dan mereka menutupi rasa malu mereka dengan bantuan ekonomi yang tidak memadai kepada kelompok-kelompok yang melakukan pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan.