Cara Membersіhkan Helm Yang Perlu Anda Simak
Cara Membersіhkan Helm Yang Perlu Anda Simak

Cara Membersіhkan Helm Yang Perlu Anda Simak

Helm sebagai pelindung kepala bagi pengendara sepeda motor merupakan barang terpenting untuk keselamatan saat terjadi kecelakaan. Dengan beragamnya helm dengan berbagai bentuk dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan pengendara sepeda motor, helm tidak hanya sebagai pelindung kepala, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup.

Dilansir dari www.mobilku.org sebenarnya helm ini tidak hanya digunakan untuk pengendara sepeda motor, tetapi juga digunakan oleh para pembalap supercar dan mobil off-road. Karena dalam kegiatan sehari-hari pengendara mobil tidak menggunakan helm, maka kita hanya akan membahas helm untuk pengendara sepeda motor.

Intensitas tas yang cukup tinggi saat memakai helm membuat helm kotor, kaca buram, bahkan mengeluarkan bau tak sedap. Akibatnya, kepala kita terlindungi dari luar tetapi tidak dari dalam.

Helm yang tidak terawat bisa membuat rambut kita menjadi bau tak sedap, kulit kepala gatal atau bahkan telinga yang dimasuki benda asing yang bersarang di helm. Untuk mencuci dan menjaga kebersihan helm kesayangan, sudah banyak yang menyediakan jasa laundry helm. Namun bukan tidak mungkin Anda bisa mencucinya sendiri, dan ternyata sangat mudah. Ayo, mari kita lihat.

Alat yang perlu disiapkan

  1. Shampo, lebih baik cegah penggunaan detergen saat membersihkan bagian dalam helm.
  2. Air hangat, sediakan ember dan bukan air biasa agar setidaknya bisa membunuh kuman atau bakteri yang ada di bagian dalam helm.
  3. Plas chamos tau gak? Sangat mudah, chamois.
  4. Lap microfiber, digunakan untuk detailing.
  5. Ggі sikat, untuk membersihkan celah-celah kecil atau kotoran yang tidak cukup hanya dilap saja.
  6. Semprotkan parfum, untuk menambah aroma menyegarkan.

Cara membersihkannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Bagian Helm

Berbagai jenis helm juga akan memiliki bagian yang berbeda. Jadi cara melepaskan bagian-bagian tersebut memiliki caranya masing-masing. Beberapa bagian yang bisa dilepas, seperti; kaca (vіsor) dan busa di dalamnya. Hati-hati melepas bagian helm karena rawan pecah atau rusak.

  1. Rendam Busa dalam Air Sabun

Siapkan ember dan air hangat yang sudah dicuci dengan sampo bayi sebagai pembersih. Rendam busa di helm dan biarkan beberapa menit agar sampo bayi bekerja. Setelah cukup dkіra selama kurang lebih 10 menit, segera cuci dengan tangan dan bilas dengan air bersih. Biarkan saja atau Anda bisa langsung menjemurnya di bawah sinar matahari agar cepat kering.

  1. Membersihkan Permukaan Helm

Masih menggunakan air hangat dengan sampo, gunakan kain microfiber untuk membersihkan permukaan helm. Cuci kain microfiber yang telah keramas ke permukaan helm. Perhatikan kotoran yang ada di permukaan helm. Jangan khawatir dengan air sabun yang kotor karena proses pembersihan.

  1. Membersihkan Bagian Sempit

Bila Anda menemukan kotoran yang agak sulit dihilangkan saat dicuci, gunakan sikat gg yang telah disediakan. Penggunaan sekat juga bisa digunakan untuk bagian yang sempit, seperti karet pembatas pembatas di depan dan di bawah helm.

  1. Poles Dengan Lilin

Setelah dibersihkan, cuci permukaan helm atau bagian yang telah dibersihkan menggunakan chamois. Lap permukaan yang basah dengan chamois sampai kering. Jika Anda masih membiarkannya basah, itu bisa menyebabkan kerak. Setelah kering, Anda bisa memolesnya dengan wax khusus untuk helm. Waxing dilakukan agar helm terlihat lebih mengkilap seperti kondisi baru.

  1. Membersihkan Kaca (Vіsor)

Kaca depan merupakan bagian penting dari helm. Banyak hobbst helm sangat memperhatikan kaca (vіsor). Proses pembersihannya tidak jauh berbeda dengan bagian lainnya. Namun, hindari mengeringkannya menggunakan microfiber, karena bisa meninggalkan baret. Namun tidak perlu khawatir, kondisi tersebut untuk sensor tertentu.

  1. Memasang Kembali Suku Cadang Helm

Setelah semuanya dibersihkan dan dikeringkan, kembalikan bagian-bagian helm ke tempatnya semula. Pastikan semuanya terpasang dengan baik dan hati-hati.