Apa Saja Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun? OrangTua Wajib Tahu!
Apa Saja Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun? OrangTua Wajib Tahu!

Apa Saja Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun? OrangTua Wajib Tahu!

Pada umumnya pertumbuhan anak akan tidak jauh berbeda dengan pengukuran standarnya. Sebab, sudah melalui hasil penelitian yang mendalam tentang apa saja yang seharusnya dikuasai anak pada usia 1 tahun.

Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun

Untuk mengetahui bagaimana kondisi pertumbuhan anak, tentu orang tua harus secara teratur membawanya ke tenaga kesehatan agar terpantau kondisinya. Kendati demikian, terdapat beberapa hal yang dapat diamati untuk menentukan apakah perkembangan anak sudah sesuai atau belum.

Pengukuran Tinggi dan Berat Badan

Langkah yang paling mudah untuk melihat apakah anak sudah berkembang sesuai dengan usianya adalah dengan melihat grafik pengukuran tinggi dan berat badannya. Orang Tua dapat melihat semua informasi tersebut, karena ada pada catatan kartu menuju sehat yang biasanya dimiliki oleh Posyandu.

Setiap bulan Posyandu akan melakukan penimbangan berat badan serta pengukuran tinggi badan anak yang nantinya akan dicatat pada kartu sehat. Selanjutnya akan diketahui bagaimana status kesehatan anak. jika sudah terlihat gejala awal, segeralah konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional.

Memulai Tahapan Berjalan

Pada usia ini, biasanya anak sudah pandai untuk merangkai dan mulai berjalan dengan cara berpegangan pada benda-benda, seperti meja, kursi, dan lain sebagainya. Ia akan mulai belajar melangkah lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Jika pun masih merangkak, maka gerakannya akan lincah.

Hal ini terjadi karena pertumbuhan tulangnya pun semakin baik. Seiring dengan kemampuannya mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang ada. Dengan tulang yang kuat, maka tubuhnya pun dapat mulai bergerak dengan gesit dan lincah.

Mulai Berbicara Sederhana

Anak pada usia ini sudah mulai mengeluarkan kata-kata sederhana, yang belum jelas ucapannya. Antara lain “mik” untuk minuman” untuk makan, “Ma” untuk memanggil mamanya. Tentu ini bergantung dengan stimulasi yang diperoleh anak. Oleh karenanya, orang tua wajib untuk memberikan stimulus tersebut.

Sudah Mulai Berkomunikasi

Pada usia ini, kemampuannya untuk merespon orang lain pun meningkat. sudah mulai diajak untuk berkomunikasi dua arah. Antara lain adalah mengetahui benda apa yang dibicarakan oleh orang lain ketika ada yang menunjuk ke benda tersebut. juga ada menirukan gerakan yang menyerupai kebiasaan,

Meningkatkan Kemampuan Untuk Mengeksplorasi Lingkungan

Karena pertumbuhan tulangnya mulai meningkat, maka anak akan memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi lingkungannya. Bisa jadi, ia akan beraktivitas merangkak ke sana kemari untuk melihat dan menentukan benda-benda apa saja yang harus diketahuinya..Pada tahapan ini biarkan saja kemampuannya berkembang, tetapi tetap harus diperhatikan keselamatannya.

Ibu kini mengetahui pertumbuhan anak sesuai dengan kondisi normalnya. Oleh karena itu, selalu perhatikanlah hal tersebut, agar anak terpantau perkembangannya. Kunjungilah Posyandu untuk melakukan kontrol perkembangan tersebut, agar terlihat dengan jelas dan lebih awal jika Anak mengalami gangguan.