6 Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Penting Bagi Sel Darah Merah
6 Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Penting Bagi Sel Darah Merah

6 Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Penting Bagi Sel Darah Merah

Tubuh memerlukan zat besi dalam kandungan yang cukup agar dapat melakukan proses pembentukan haemoglobin dalam darah. Sumber terbaik untuk memperolehnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan cukup. Tanpa asupan yang memadai, maka prosesnya akan terhambat.

Sumber Makanan yang mengandung zat besi

Zat besi merupakan suatu mineral yang memiliki peranan besar dalam proses pembentukan haemoglobin dalam darah merah yang tugasnya mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ini berarti kekurangan Hb akan menyebabkan terhambatnya proses faal tubuh yang memerlukan O2.

Oleh karenanya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah cukup adalah suatu cara terbaik selain suplemen makanan. Sebab, dengan memakan sumber pangan, tidak hanya ferum saja yang akan didapatkan, tetapi juga nutrisi yang lainnya.

Daging Merah

Sumber zat besi sekaligus protein adalah daging merah. Antara lain daging sapi, kambing, kerbau, kambing, dan babi. Pada 100 gram bahan pangan ini tanpa lemak terkandung zat besi sebanyak 2 mg. Merupakan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian zat besi anak. Meskipun demikian, jangan berlebihan mengkonsumsinya.

Jeroan

Salah satu sumber zat besi lainnya adalah apa yang disebut dengan jeroan, yaitu organ dalam hewan yang biasa dikonsumsi, misalnya hati, otak, ginjal, dan jantung. Namun, perlu Anda perhatikan batasan untuk mengkonsumsinya, agar dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan Laut

Ikan. udang, dan tiram merupakan salah satu sumber zat gizi yang baik. Dikenal juga sebagai makanan laut atau seafood. Selain mengandung zat gizi yang melimpah, diketahui juga kaya dengan kandungan vitaman B12nya yang memiliki fungsi menjaga kesehatan tubuh dan darah.

Namun, perlu perhatian bagi Anda yang memiliki alergi terhadap seafood ini. Disarankan tidak mengkonsumsinya sebab akan menimbulkan reaksi alergi. Pengolahan yang tepat membuat makanan laut ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Sayuran

Selain daging-dagingan, sumber zat besi lainnya adalah sayuran, terutama bayam, kale, dan brokoli. Pastikan bahwa yang dikonsumsi dalam keadaan segar dan bebas dari pestisida. Akan jauh lebih baik jika organik.

Kedelai dan Olahannya

Tahu dan tempe merupakan produk olahan kedelai yang merupakan salah satu sumber zat gizi yang baik, terutama jika Anda menghindari konsumsi daging-dagingan. Dalam 126 gram tahu mempunyai kandungan sebesar 2,4 mg zat besi. Mengkonsumsinya secara rutin akan menghindari Anda dari kekurangan zat gizi ini.

Kacang-kacangan

Selain kacang kedelai, sumber zat besi dari bahan baku ini adalah kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau. Dengan demikian, jika Anda penganut pola makan non daging dan turunannya, untuk mendapatkan zat besi, semua jenis kacang dapat dijadikan pilihan gara asupannya terpenuhi.

Banyaknya makanan yang mengandung zat besi membuat orangtua tidak perlu merasa khawatir dengan bagaimana cara memperolehnya. Kini tinggal memikirkan car amengolah dan menyajikannya saja.