4 Langkah Memakai Kondom yang Benar
4 Langkah Memakai Kondom yang Benar

4 Langkah Memakai Kondom yang Benar

Kondom menjadi pilihan alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan bagi pasangan suami-istri. Selain itu juga membantu mencegah penyakit menular. Kondom tidak sulit ditemukan jadi bisa digunakan kapan pun Anda membutuhkannya. Berikut ini langkah untuk memakai kondom yang benar.

1.   Cek Tanggal Kedaluwarsa

Langkah memakai kondom dimulai dengan mengecek tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk. Jangan sampai melewati tanggalnya karena bisa jadi mengalami kerusakan. Cek kondom masih dalam keadaan utuh dari segi pembungkusnya yang masih aman. Pilihlah tanggal kedaluwarsa minimal 1 bulan sebelum tanggalnya agar kualitas kondom tetap aman digunakan.

Bisa juga dihitung dari tanggal pembuatannya biasanya kondom akan kedaluwarsa setelah lima tahun. Jangan lupa juga untuk memilih produk yang sudah terdaftar BPOM agar aman untuk digunakan dan adanya label halal buat Anda yang muslim

2.   Buka dengan Cara yang Benar

Cara membukanya tidak menggunakan gigi agar tidak mengalami robekan. Jangan juga membukanya dengan gunting atau pisau. Bukalah bungkus kondom dengan hati-hati dengan mengikuti petunjuk yang ada di bagian kemasan.

Robek kemasan kondom dari bagian pinggirnya. Sebelum itu, dorong kondomnya ke sisi yang berlawanan dari arah sobekkan agar tidak merusak bagian kondom.

3.   Pemasangan yang Tepat

Ambil kondom dan jepit bagian ujung yang ada di bagian tengah lingkaran agar dapat mencegah udara masuk. Lihat letak gulungan karet kondomnya, di mana gulungan karet harus ada di luar yang menandakan kondomnya tidak terbalik.

Lakukan pemasangan kondom sampai ke pangkal penis. Sisakan sedikit saja bagian yang longgar untuk bisa menampung cairan ejakulasi. Saat pemasangan pastikan bagian ring-nya menghadap keluar jadi bisa memudahkan Anda untuk menggulung kondom di atas penis.

Gulung alat sampai ke pangkal penis. Pastikan sudah terpasang dengan sempurna yaitu menutup bagian penis. Cek ini sebelum Anda memulai hubungan intimnya. Jika gulungannya tidak bisa disesuaikan berarti kondomnya terbalik.

4.   Lepaskan secara Perlahan

Saat akan mengeluarkan penis dari vagina lakukan perlahan sambil menahan kondom. Keluarkan penis setelah melakukan ejakulasi, tetapi sebelum ereksi yang dialami menghilang. Cara mengeluarkannya dengan memegang pangkal kondom sambil ditarik keluar. Lepaskan kondom tersebut secara hati-hati.

Ikat simpul di bagian ujung yang terbuka agar tidak ada air manis yang tumpah. Lalu satu tangan memegang pangkal karetnya sambil ditarik kondomnya dari penis. Tangan satunya lagi menahan bagian kepala kondom. Setelah itu baru dibuang ke tempat sampah dengan membungkusnya menggunakan tisu.

Ukuran yang sesuai tentunya setelah Anda mengetahui ukuran penis saat mengalami ereksi. Ukurlah dengan menggunakan pita pengukur, seutas tali, atau penggaris. Jika Anda sudah berstatus sebagai orang tua, maka jangan lupakan ilmu parenting yang harus Anda kuasai. Simak berbagai pembahasan soal parenting hanya di Orami.